Bagaimana Menarik Simpati Pimpinan?

Setiap karyawan pasti ingin disukai atasannya (boss). Karena, dengan disukai atasan maka akan terbuka peluang lebih luas lagi baginya untuk meraih kesuksesan. Namun, bukan berarti harus menghalalkan segala cara. Misalnya, sampai menjatuhkan orang lain (rekan kerja di kantor), atau malah bergenit-genit ria dengan si boss. Duh, itu cara kuno. Sudah tidak jamannya lagi menggunakan cara-cara yang seperti itu. Tinggalkan cara lama, gunakan cara yang lebih berkelas dan elegan. Dengan begitu, atasan akan menyadari betapa berharganya Anda sebagai aset perusahan. Apa saja cara yang bisa digunakan untuk menarik simpati atasan?

  1. Berpenampilan Baik dan Profesional
    Kesan pertama berawal dari mata. Dan, tak dapat dipungkiri bahwa penilaian awal tentang seseorang memang berasal dari cara ia berpenampilan dan membawa dirinya. Karena itu, berpenampilanlah yang baik dan profesional. Pastikan bahwa Anda sudah berpakaian dengan rapi dan enak dipandang. Hindari menggunakan aksesoris yang berlebihan, apalagi warna dan model busana yang sangat mencolok. Prinsipnya, tampillah dengan gaya yang pantas dan sesuai dengan situasi. Atasan, termasuk juga rekan kerja tentu akan lebih respek pada Anda bila Anda bisa tampil dan membawa diri dengan baik.
  2. Tunjukkan Kualitas Diri dan Prestasi
    Tunjukkan bahwa Anda bukan hanya sekedar karyawan yang bisa tampil baik secara penampilan luar saja, tapi juga memiliki kualitas dan kompetensi yang tak perlu diragukan lagi. Tunjukkan apa saja kemampuan Anda. Percaya dirilah dan perlihatkan performa terbaik Anda. Jangan menolak atau bersikap ragu-ragu bila atasan memberikan tantangan dan hal baru. Terima tantangannya dan cobalah untuk menyelesaikannya dengan baik. Dari sana, atasan biasanya juga akan menilai sejauh mana kualitas Anda. Cobalah juga untuk bisa tampil aktif dalam bekerja. Misalnya, dalam forum rapat, sebaiknya jangan pasif dan diam saja. Tunjukkan kemampuan dan ide-ide cemerlang Anda.Bagaimana dengan mengambil inisiatif untuk mengerjakan sesuatu? Boleh saja, selama itu memang diperlukan. Namun, sebaiknya jangan berlebihan. Karena bila berlebihan, atasan bukannya suka dan memuji Anda, malah merasa Anda seperti sok tahu dan sok hebat. Jadi, sepantasnya saja.
  3. Jangan Malas, Lakukan Tugas dengan Cepat, Tepat, dan Cerdas
    Setiap atasan tentu menginginkan anak buahnya gesit dalam menyelesaikan perintah dan tugas yang diberikan sesuai dengan target. Nah, agar mendapat nilai “lebih” di mata atasan, selesaikan tugas yang diberikan kepada Anda dengan cepat, cermat, gesit, teliti, dan akurat. Usahakan agar Anda bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Jangan malas dan menunda-nunda pekerjaan.Bila perlu, Anda juga bersedia mengerjakan tugas di luar job description Anda. Percayalah, attitude seperti itu akan memberikan nilai tambah di mata atasan Anda. Hal-hal itu juga menunjukkan bahwa Anda termasuk karyawan yang rajin dan memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja. Jangan lupa, periksa dengan teliti tugas-tugas yang telah Anda kerjakan sebelum menyerahkannya kepada atasan Anda. Bila performa dan kinerja Anda bagus, pasti atasan akan senang.
  4. Jangan Suka Bolos dan Datang Terlambat

    Tak ada atasan yang simpatik dengan orang yang suka sekali bolos dan datang terlambat. Tidak ada gunanya menggunakan berbagai alasan untuk bolos kerja atau datang terlambat. Alasan macet, bangun kesiangan atau lainnya tak akan menarik bagi atasan Anda. Ia pasti tidak ingin tahu-menahu soal alasan dan penjelasan Anda. Ingat, kompetitor Anda di kantor banyak. Jika Anda tidak rajin dan suka datang terlambat, bukan tidak mungkin peluang yang harusnya bisa diberikan ke Anda justru akan diberikan ke orang lain oleh atasan Anda. Nah, Anda bisa melewatkan berbagai kesempatan emas yang ada, kan?

  5. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Atasan
    Cobalah untuk menjalin komunikasi yang baik dengan atasan Anda. Bila memang Anda menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas dari atasan, tak ada salahnya untuk bertanya kepada atasan. Jangan diam saja atau malu dan takut bertanya. Karena kalau salah, justru atasan akan menilai Anda tidak becus dalam bekerja. Cari tahu juga bentuk komunikasi seperti apa yang disukai atasan. Jangan berkomunikasi dengan gaya yang tidak sopan dan terkesan tidak hormat ke atasan.
  6. Jujur dalam Bersikap dan Bertutur
    Hati-hati, atasan sering mengetes seberapa jauh tingkat kecerdasan dan kejujuran Anda. Misalnya, atasan bertanya, “Bagaimana presentasi saya tadi?” Nah, jawablah pertanyaannya dengan jujur dan tulus. Misalnya, “Presentasi Bapak bagus, tapi akan lebih menarik jika dilengkapi dengan gambar animasi.” Jangan memuji terlalu berlebihan, karena salah-salah atasan malah menganggap Anda hanya ingin mencari muka dan menjilat saja.Selain itu, Anda perlu untuk selalu menjaga kejujuran dalam bekerja. Jangan menggunakan cara-cara kotor dan curang hanya demi meraih kepentingan bagi diri sendiri.
  7. Tunjukkan Anda Bisa Dipercaya
    Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bisa dipercaya. Tak hanya perlu menjaga kejujuran dalam bekerja, Anda juga perlu menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bisa dipercaya, loyal, dan bertanggung jawab dalam pekerjaan. Kepercayaan itu harganya sangatlah mahal. Jangan pernah rusak kepercayaan yang diberikan orang kepada Anda. Karena sekali kepercayaan itu rusak, akan sulit bagi Anda untuk mendapatkannya kembali.

Ingat, atasan punya 1001 macam cara untuk memantau, mengamati, bahkan mengetes Anda. Bisa melalui tugas dan perintah yang ia berikan atau melalui cara-cara lain yang tidak Anda sadari. Jadi, jangan lengah dan peliharalah integritas Anda bukan karena agar mendapat nilai baik dan lebih di mata atasan, tapi karena memang seperti itulah seharusnya kualitas yang harus dimiliki seseorang bila ingin menjadi sukses dan besar di kemudian hari. Semoga bermanfaat. :-)

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: