TIPS BEPERGIAN (TRAVELING) AMAN

Traveling adalah suatu hal yang menyenangkan untuk kebanyakan orang. Saking senangnya dengan perjalanan yang hendak dilakukan, kebanyakan dari kita melupakan kemungkinan buruk yang bisa terjadi saat di perjalanan seperti: menjadi korban tindak kejahatan seperti perampokan, pencopetan ataupun pemalakan .

Tips bepergian (traveling) :
1. Jangan mengenakan perhiasan mencolok yang menarik perhatian orang.

2. Simpanlah barang berharga seperti kamera, ponsel, CD player, di dalam tas yang tertutup.

3. Apabila Anda menumpang kendaraan umum (bus, metro/subway, kereta api) usahakan untuk memperoleh tempat duduk selama perjalanan. Jika semua tempat duduk sudah terisi dan Anda harus berdiri, usahakan untuk tidak berdiri di dekat pintu masuk/keluar. Tempat ini adalah sasaran utama dari para pencopet.

4. Sebelum Anda masuk ke dalam metro/subway, bus, atau kereta api lihatlah apakah jumlah penumpang sudah terlalu penuh sesak atau tidak. Lebih baik Anda menunggu kendaraan selanjutnya daripada memaksakan diri untuk berdesak-desakan, dan kemudian menjadi korban pencopetan.

5. Apabila Anda membawa tas ransel, pastikan bahwa tas ransel Anda sudah tertutup rapat. Lebih baik lagi jika Anda menguncinya selama perjalanan.

6. Bagi para pria, sasaran utama para pencopet adalah saku yang terletak di bagian belakang celana panjang/pendek, saku pada kedua sisi depan jaket dan jas Anda. Pencopet yang pintar biasanya menghindari saku bagian depan celana panjang dan saku celana yang berkancing atau memiliki resleting.

7. Jika secara terpaksa Anda harus menaruh dompet di saku celana bagian belakang yang tidak berkancing atau ber-resleting, jangan menaruh barang-barang berharga di dompet itu. Pindahkan semua dokumen penting, uang dalam jumlah besar, kartu kredit dan kartu identitas di bagian depan saku celana Anda.

8. Jika Anda meletakkan dompet di suatu tempat yang tersembunyi di balik pakaian Anda, tak perlu mengintip, meraba atau menyentuhnya untuk sekedar memastikan apakah dompet Anda masih ada di tempatnya atau tidak. Pencopet yang profesional bisa mengetahui tempat di mana Anda menyimpan dompet Anda dengan mengamati gerak-gerik Anda tersebut.

9. Bagi para wanita, hindari membawa tas ransel di punggung. Bawalah tas ransel Anda di bagian depan tubuh.

10. Jangan meletakkan dompet berisi barang berharga dalam tas tangan Anda, karena tas tangan adalah sasaran yang paling diincar oleh pencopet.

11. Kalau toh Anda harus meletakkan dompet di dalam tas tangan, gunakan tas tangan yang tidak mudah untuk dibuka. Atau, gunakan cara seperti teman saya, seorang pemandu wisata wanita yang tinggal di Barcelona –yang telah mengalami lebih dari 20 kali pencopetan dalam hidupnya—menggunakan bag organizer yang memiliki tali pengaman yang ia kaitkan dengan tas tangannya.

12. Usahakan untuk tidak membuka tas atau mengeluarkan dompet di tempat umum. Selalu sediakan sejumlah uang untuk membayar tiket kendaraan di tempat yang mudah dijangkau tanpa harus membiarkan orang lain mengetahui isi dompet dan tas Anda.

Saran saya, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda, lengkapi diri dengan perangkat traveling unik yang secara khusus telah disediakan oleh Toko Online Perangkat Keamanan dan Kenyamanan Perjalanan TravelHematShop.com dan lengkapi diri dengan membeli asuransi perjalanan atau travel insurance yang harganya tak seberapa, namun ketika terjadi sesuatu di perjalanan… baru terasa manfaatnya.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: